Jakarta, Energindo.co.id – Kedutaaan Besar Republik Indonesia untuk Tunisia menggelar Forum Bisnis Indonesia dengan tema, “Kebudayaan dan Perdagangan di Era Digital di Hotel Sousse Palace, Sousse, Tunisia (18/9/2024). Hadir sebagai narasumber: Muhammad Syahran Bakti, Atase Perdagangan KBRI Kairo; Farid Naufal Aslam, CEO Aruna; Ilham Shidqi Nur Rahmat, Tokopedia; dan Venny Alamsyah, Batik House Indonesia.
Kegiatan ini dihadiri Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, KADIN Sousse, para pengusaha Tunisia, dan para wartawan.
Duta Besar Zuhairi Misrawi menegaskan pentingnya diplomasi ekonomi dan diplomasi kebudayaan dalam rangka meneguhkan hubungan bilateral Indonesia-Tunisia.
“Sejak tahun 50-an, Indonesia dan Tunisia mempunyai komitmen yang kuat dalam meneguhkan hubungan bilateral kedua negara. Presiden Sukarno dan Presiden Habib Bourgaiba telah meletakkan fondasi yang kokoh agar kedua negara terus meningkatkan kerjasama ekonomi dan kerjasama kebudayaan. Maka dari itu, KBRI Tunis memandang diplomasi ekonomi dan diplomasi kebudayaan menjadi pintu masuk dalam membangun persahabatan yang hakiki demi kemaslahatan kedua negara. Prinsip dalam diplomasi adalah saling menghormati (mutual respect) dan saling menguntungkan (mutual interest),” ujar Duta Besar RI kelahiran Sumenep Madura ini.
Duta Besar Zuhairi Misrawi menambahkan, kita perlu mengembangkan kecerdasan ekonomi dalam rangka meningkatkan kerjasama ekonomi Indonesia-Tunisia.
“Kecerdasan ekonomi merupakan gagasan yang belakangan ini sangat populer, khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Harapannya, Indonesia-Tunisia bisa bekerja sama dalam e-commerce. Pada forum bisnis kali ini, kami akan mengenalkan dua e-commerce karya anak muda Indonesia, yaitu Tokopedia dan Aruna untuk dikenalkan sekaligus dijajaki kerjasama di antara pelaku usaha kedua negara, khususnya kaum muda. Sebab itu, kecerdasan ekonomi sangat penting dalam meningkatkan kerjasama ekonomi di masa mendatang,” pungkasnya.